Total Tayangan Laman

Senin, 17 Januari 2011

belajar microsoft word dan excel

BAB I
PENDAHULUAN
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
Dari pemaparan di atas dapat dikatakan bahwa Microsoft Word mengalami sejarah yang panjang hingga ia bisa seperti sekarang ini.
Dalam makalah ini, penyusun akan menyajikan tentang menu dan ikon yang terdapat di dalam Microsoft Word. Dalam hal ini adalah Microsoft Word 2003.
Mula-mula penyusun akan menyajikan tentang pengertian dan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam Micrasoft Word secara keseluruhan. Kemudian, pembahasan akan lebih terarah lagi kepada pembahasan tentang pengaturan format tampilan halaman.









BAB II
PENGATURAN FORMAT HALAMAN MICROSOFT WORD

Microsoft Word merupakan salah satu program aplikasi dari Microsoft Office yang berfungsi sebagai pengolah kata. Dengan menggunakan aplikasi ini dimungkinkan untuk membuat dokumen-dokumen seperti laporan, karya tulis, surat-menyurat dan proposal dengan menggunakan format dan tampilan yang menarik. Selain itu, dimungkinkan pula untuk menyisipkan tabel, grafik, gambar atau diagram pada dokumen yang sedang dibuat.
Secara default, tampilan area kerja program MS Word terdiri atas Title Bar, Menu Bar, Tool Bar, Ruler, dan Task Pane. Tampilan area kerja dapat dilihat pada Gambar 1.







Gambar 1. Tampilan area kerja MS Word
Title bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore, dan Close.
Menu bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh pada Gambar 2, perintah File mempunyai sub-sub perintah yang berkaitan dengan dokumen, misalnya membuat dokumen baru (Open), mengatur properti dokumen (Page Setup), dan sebagainya.








Gambar 2. Menu bar
Tool bar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari perintah File > Open, atau tool Print merupakan shortcut dari perintah File > Print.
Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.
Task pane merupakan fasilitas yang berisi rangkuman perintah yang sering digunakan dalam pengeditan dokumen. Bagian di dalam jendela Task Pane terdiri atas 13 bagian, yaitu Getting Started, Help, Search Results, Clip Art, Research, Clipboard, New Dokument, Shared Workspace, Document Updates, Protect Document, Styles and Formatting, Reveal Formatting, Mail Merge, dan XML Structures.


Status bar adalah baris horizontal yang menampilan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan, antara lain (Gambar 3):

Gambar 3. Status bar
• Page number: menampilkan informasi halaman.
• Sec: menampilkan section dokumen.
• Number/number: menampilkan nomor halaman dan total halaman berdasarkan fisik halaman di dalam dokumen.
• At: menampilakn jarak dari atas halaman pada titik sisip.
• Ln: menampilkan baris dari teks tempat titik sisip diposisikan.
• Col: menampilkan jarak dari baris kiri ke posisi titik sisip. Jarak ditentukan dengan jumlah karakter.
Untuk mengatur jenis tampilan dokumen, pilih salah satu submenu di dalam
menu View. Beberapa tampilan tata letak yaitu:
• Normal: memberikan tampilan sesuai format yang diterapkan pada teks.
• Print Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima
• pada saat dicetak.
• Web Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di
• dalam jendela browser.
• Outline: memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan
• tingkatan di dalam struktur dokumen.

A. Menu dan Ikon dalam Microsoft Word
Dalam subbab ini, akan diperkenelkan menu dan ikon yang ada dalam Microsoft Word untuk ini akan dibicarakan bagaimana mengaktifkan perangkat lunak, mengenalkan menu-menu standar, dan ikon-ikon Microsoft Word.
1. Mengaktifkan Microsoft Word
Untuk mengaktifkan perangkat lunak Microsoft Word, lakukan cara berikut :
a) Klik menu Start- All Program- Microsoft Office- Microsoft Word, kemudian klik. Muncul tampilan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
b) Selanjutnya, komputer akan melakukan proses dan layar monitor akan menampilkan tampilan seperti terlihat pada gambar berikut ini.
2. Mengenal Menu-Menu Standar Microsoft Word
Pengertian menu dalan Microsoft Word adalah kumpulan dari beberapa perintah yang terdapat pada jendela Microsoft Word. Menu dapat dikelopokan menjadi dua kelompok yaitu menu pull-down dan menu tollbar. Menu pull-down diantaranya adlah File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Tabel, Window dan Help. Adapun menu toolbar adalah sekumpulan perintah yang terletak di bawah, diantaranya adalah Toolbar Standar, Toolbar Formating dan Toolbar Drawing.
Isi menu pull-down diantaranya adalah sebagai berikut.
a. Menu File
Menu File berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen. Menu File memiliki submenu sebagai berikut.
New : membuat dokumen baru
Open : membuka file dari piranti/media penyimpanan
Close : membuka jendela dokumen aktif
Save : menyimpan dokumen yang masih aktif
Save as : menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan
Save as Web Page : menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web
Web Page Preview : melihat contoh tampilan halaman web yang akan dibuat dan yang akan di cetak
Page Setup : mengatur halaman dokumen yang akan dicetak
Print Preview : melihat contoh hasil setakan dokumen (margin, ukuran kertas, dsb) sebelum dicetak melalui printer
Print : mencetak dokumen
Send to : mengirim dokumen
Properties : membuat ringkasan dokumen yang aktif
Exit : keluar dari Word dengan terlebih dahulu menutup seluruh dokumen
b. Menu Edit
Menu Edit berhubungan dengan penyuntingan (editing) terhadap file dokumen. Menu Edit memiliki submenu sebagai berikut.
Undo : membatalkan perintah yang terakhir dilakukan
Repeat : mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintah undo
Cut : memotong sebagian atau seluruh data
Copy : menyalin data
Paste : menyispkan/meletakkan hasil Copy dan Cut
Paste as Hyperlink : fasilitas pendukung perintah cut dan copy dengan pilihan format khusus
Clear : membersihkan atau menghapus semua data yang ada di dokumen
Select all : memilih (mengeblok) seluruh isi dari dokumen
Find : mencari data pada dokumen
Replace : mengganti data pada dokumen
Go To : berpindah ke halaman tertentu dari dokumen, bagian-bagian dari dokumen atau footnote
Links : menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen
Object : mengedit object yang berasala dari Inset yang berhubungan dengan Link (Object, ClipArt) dan lain-lain
c. Menu View
Menu View berhubungan dengan tampilan dari file dokumen. Menu View memiliki submenu sebagai berikut.
Normal : menampilkan dokumen dalam status normal
Web Layout : menampilkan dokumen dalam layout web
Print Layout : menampilkan dokumen dalam layout cetak
Outline : menampilkan struktur dokumen
Toolbar : memunculkan toolbar word
Ruler : memunculkan mistar dokumen
Document Map : memunculkan bagian dan subbagian dari dokumen pada jendela tersendiri
Header and Footer : membuat header and footer sebagai efek cetakan
Footnotes : menampilkan cetakan kaki dokumen
Full Screen : menampilkan dokumen satu tayangan penuh
Zoom : mengubah ukuran penampilan dokumen word
d. Menu Insert
Menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen. Dengan submenu sebagai berikut.
Break : untuk membuat pemutusan halaman, kolom ataupun teks dari dokumen Word
Page Numbers : menyisipkan nomor halaman
Date and Time : menyisipkan tanggal dan waktu
Auto Text : menyisipkan teks tersentu
Field : menyisipkan field
Symbol : menyisipkan simbol
Comment : memberikan komentar pada lembar kerja
Footnote : menyisipkan catatan kaki dokumen
Caption : menyisipkan judul tabel, grafik, atau persamaan dalam tabel
Cross-Reference : menyisipkan referensi silang
Index and tabel : menyisipkan indeks dokumen, daftar isi dan daftar dokumen
Picture : menyisipkan gambar dari fasilitas Clipart, From File, Auto Shapes, Organization Chart, Word Ard dan From Scanner Camera
Diagram : menyisipkan diagram
Text Box : Menyisipkan kotak yang dapat diisi teks
File : menyisipkan file dokumen
Object : menyisipkan object
Bookmark : menyisipkan petunjutk halaman buku
Hyperlink : menysipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja dan membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di peranti penyimpanan
e. Menu Format
Menu Format berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen. Menu Format memiliki submenu sebagai berikut.
Font : mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen
Paragraph : mengatur paragraph
Bullets and Numbering : mengatur pemberian tanda dan penomoran item
Border and Shading : mengatur batas-batas dan membuat efek bayangan
Colums : mengatur lajur kolom dalam dokumen
Tabs : mengatur tabulasi dokumen
Drop Cap : membuat drop cap
Change Case : mengubah hurup kapital
Background : mengatur warna latar belakang dari dokumen
Theme : mengganti model tampilan dokumen
Frames : mengatur frame
Auto Format : pengaturan secara otomatis
Style and Formatting : mengatur style paragrap
f. Menu Tools
Menu Tools berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen. Menu tools memiliki submenu sebagai berikut.
Spelling and Grammar : memeriksa ejaan kata pada dokumen
Language : mengatur penggunaan bahasa
Word Count : penghitungan jumlah halaman, huruf, kata dan paragraf
Auto Summarize : mengoreksi kata yang ada pada dokumen secara otomatis
Track Changes : untuk menggabungkan dokumen
Compare and Merge Documents : berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahahn itu terjadi dalam komputer
Protect Dokument : mengamankan atau memproteksi dokumen
Online Colaboration : fasilitas ini terdiri dari ; MeetNow, Schdule Meeting and Web discussion
Mail Mege : menggunakan fasilitas mail merge
Envelopes and Labels : menyusun dan mengadakan pertemuan sesuai dengan jadwalnya
Letter and Mailing : pembuatan surat dan makro
Macro
Templates and Add-Ins : mengaktifkan dan menonaktifkan program Add-ins dan template Word
Customize : menata toolbar, menambahkan command baru, membuat menu dan toolbar sesuai dengan keinginan
Options : pilihan dalam pengaturan
g. Menu Table
Menu Table berhubungan dengan pembuatan tabel dalam dokumen. Menu tabel memiliki submenu sebgai berikut.
Draw Table : membuat tabel dengan menggambar
Insert : menyisipkan tabel
Delete : menghapus tabel
Select : memilih tabel, kolom, baris, atau sel yang hendak diblok
Merge Cells : menggabung-gabungkan sel dalam tabel
Split Cells : memisahkan sel-sel dalam tabel
Convert : mengkonversi tabel ke teks atau sebaliknya
Sort : mengurukan data dalam tabel
Table Propeties : menampilkan rangkuman dalam tabel
h. Menu Window
Menu Window berhubungan dengan pengaturan terhadap jendela kerja dari dokumen. Menu window memiliki submenu sebagai berikut :
New Window : memperlihatkan dokumen yang sedang diedit pada jendela baru (new windom)
Arrange All : mengatur jendela dari dokumen
Split : membagi dokumen menjadi beberapa bagian
i. Menu Help
Menu Help Berhubungan dengan fasilitas bantuan dari Word. Menu help Memiliki submenu sebagai berikut.
Microsoft Office Word Help : melihat keterangan dari topik terpilih secara langsung tanpa melalui fasilitas help
Show The Office Assistant : menampilkan fasilitas office assistant dengan nama logo berurutan
Microsoft Office Online : koneksi internet pada situs office di web
Detect and repair : mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada word
About Microsoft Office Word : melihat penjelasan tentang Word dan konfigurasi komputer yang digunakan
3. Mengenal Ikon-Ikon Microsoft Word
Di samping menu-menu di atas, pada jendela Microsoft Word dijumpai ikon-ikon yang siap dipakai. Jika anda mengarahkan kursor pada ikon-ikon tersebut maka akan tampak fungsi-fungsi ikon itu. Agar lebih jelas, marilah kita lihat fungsi beberapa ikon pada daftar berikut ini.
No. Gambar Ikon Nama Ikon Fungsi
1 Huruf tebal Membuat tulisan menjadi tebal
2. Garis Bawah Membuat tulisan di garis bawahi
3. Huruf Miring Membuat tulisan miring
4. Penggunting Menghilangkan teks dari suatu bagian yang telah dipilih (diblok) pada dokumen ynag sedang di edit. Teks yang telah dihilangkan tersebut disimpan dalam clip board
5. Pengopi Menggandakan/mengopy teks yang telah dipilih (diblok) dan disimpan ke dalam Clipboard
6. Pengganda Memasukan isi dari clipboard pada bagian yang telah ditentukan dan menggantikan bagian yang telah dipilih (diblok). Perintah ini hanya dapat digunakan setelah melakukan perintah copy.
7. Text box Digunakan untuk membuat kotak berisi teks
8. ` Menggambar Digunakan untuk menampilkan dan menyembunyikan objek membuat garis, oval, persegi panjang dan lain-lain
9. Word Art Digunakan untuk membuat tampilan variasi teks
10. Clip Art Digunakan untuk menyisipkan clip art
11. Tabel Digunakan untuk membuat tabel
12. Grafik Digunakan untuk membuat gambar grafik
13. Penomoran Digunakan untuk menampilkan atau menghilangkan pemberian nomor
14. Bullets Digunakan untuk menampilkan atau menghilangkan pemberian bullets
15.
Bagi kolom Membagi jendela Microsoft Word menjadi beberapa kolom











B. Pengaturan Format Halaman

Yang dimaksud dengan mengatur format halaman diantaranya mengubah ukuran kertas, mengatur margin, memasang nomor halaman, dan lain-lain.
1. Mengubah Ukuran kertas dan Orientasi Pencetakan
Untuk mengubah ukuran kertas, dan orientasi pencetakan, ikuti langkah berikut ini :
a) Pilih dan klik menu File, Page Setup. Kotak dialog Page Setup akan ditampilkan.
b) Pada kotk dialog Page Setup, klik tab Paper Size.

c) Pada tombol daftar pilihan Paper Size, pilih dan klik ukuran kertas yang akan Anda gunakan. Atau gunakan kotak Width untuk menentukan lebar kertas, dan kotak Height untuk menentukan tinggi kertassesuai dengan keinginan Anda.
d) Pada kotak Orientation, beri tanda atau klik tombol pilihan Portrait untuk pencetakan dengan posisi tegak atau Landscape untuk pencetakan dengan posisi tertidur.
e) Pada tombol daftar pilihan Apply To, pilih dan klik bagian dokumen yang akan memakai ukuran kertas dan orientasi yang baru.

• Whole Document, pengaturan baru akan berlaku untuk seluruh halaman.
• This Point Forward, Microsoft Word akan menyisipkan tanda pemisah Continuous pada titik sisip dan pengaturan baru akan dimulai pada bagian yang baru.
• This Section, pengaturan baru akan berlaku pada bagian tempat titik sisip berada.
f) Lihat hasilnya pada kotak Preview dan klik OK untuk menutup kotak dialog.
2. Mengatur Margin

Margin merupakan jarak antara tepi daerah pengetikan teks dengan tepi halaman kertas. Apabila Anda membuka dokumen baru dengan menggunakan Blank Document, Microsoft Word akan menggunakan template normal dengan batas margin atas dan bawah 1 inci serta batas margin kiri dan kanan 1.25 inci.
Pengaturan margin akan berlaku untuk seluruh dokumen, kecuali jika Anda telah memilih teks tertentu atau membagi dokumen ke dalam beberapa bagian. Untuk mengatur margin dari dokumen dengan menggunakan menu, ikti langkah berikut ini :
a. Pilih dan klik menu File, Page Setup. Kotak dialog Page Setup akan ditampilkan.
b. Pada kotak dialog Page Setup, klik tab Margins.
c. Tentukan jarak dari batas margin yang Anda inginkan.


• Top, untuk menentukan batas margin atas.
• Bottom, untuk menentukan batas margin bawah.
• Left, untuk menentukan batas margin kiri pengetikan.
• Right, untuk menentukan batas margin kanan pengetikan.
• Gutter, untuk menambahkan spasi lebih pada margin kiri jika Anda tidak memberi tanda pemilihan pada kotak cek Mirror margins atau menambahhkan spasi lebih pada bagian dalam (margin kiri untuk halaman ganjil dan margin kanan untuk halaman genap) untuk daerah penjilidan jika Anda memberi tanda pemilihan pada kotak cek Mirror margins.
d. Pada kotak isian Header, tentukan jarak dari tepi atas kertas ke isi header. Dan pada kotak isian Footer, tentukan jarak dari tepi bawah kertas ke isi footer.
e. Pada kotak pilihan Apply To, pilih dan klik bagian mana dari dokumen yang akan memakai margin baru.
f. Beri tanda atau klik kotak cek Mirror Margins, jika Anda ingin ukuran margin kiri pada halaman genap menjadi ukuran margin kanan pada halaman ganjil dan ukuran margin kanan pada halaman genap akan menjadi ukuran margin kiri pada halaman ganjil.
g. Lihat hasilnya pada kotak Preview, dan klik OK untuk menutup kotak dialog.



3. Memasang Nomor Halaman

Microsoft Word menawarkan banyak pilihan untuk menempatkan dan menampilkan nomor halaman. Nomor halaman yang Anda tempatkan juga merupakan bagian dari Header atau Footer. Untuk memasang nomor halaman pada dokumen anda, ikuti langkah berikut :
a. Pilih dan klik menu View, Page Layout.
b. Pilih dan klik menu Insert, Page Numbers. Kotak dialog Page Numbers akan ditampilkan.
c. Pada tombol daftar pilihan Position, pilih dan klik posisi nomor halaman yang Anda inginkan.


• Top of Page(Header), untuk menempatkan nomor halaman di atas.
• Bottom of Page(Footer), untuk menempatkan nomor halaman di bawah.
d. Pada tombol daftar pilihan Alignment, pilih dan klik perataan nomor halaman yang Anda inginkan.
• Left, untuk penempatan nomor di sisi kiri.
• Center, untuk penempatan nomor di tengah.
• Right, untuk penempatan nomor di sisi kanan.
• Inside, untuk penempatan nomor di bagian dalam halaman dengan dua muka.
• Outside, untuk penempatan nomor di bagian luar halaman dengan dua muka.
e. Nomor halaman akan muncul di seluruh halaman yang ada dalam dokumen mulai dari halaman pertama. Jika halaman pertama tidak ingin di beri nomor halaman, hilangkan tanda pemilihan pada kotak cek Show number on first page.
f. Klik tombol perintah Format, untuk memilih format nomor yang akan anda pakai (default 1, 2, 3).
g. Klik OK.








BAB III
PENUTUPAN
Dalam bab penutupan ini penyusun tidak akan menyimpulkan subtansi dari makalah ini. Karena, kami beranggapan bahwa dalam hal ini semuanya berkaitan satu sama lain sehingga kurang pas kalau kita buat kesimpulannya.
Dari pemaparan di atas penyusun menyarankan beberapa hal sebagai berikut.
1. Kami sadar bahwa makalah ini belum bahkan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami menyarankan supaya para pembaca supaya membaca lagi tulisan-tulisan lain sehingga pemahaman tentang Microsoft Word 2003 ini bisa lebih baik lagi
2. Pada umumnya, untuk dapat menggunakan komputer tidak hanya materi tetapi praktek. Oleh karena itu kami menyarankan untuk banyak berlatih lagi.









DAFTAR PUSTAKA
Dwi Maryono. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Surakarta: Tiga Serangkai
IlmuKomputer.com
http://id.wikipedia.org

1 komentar:

  1. Hello,

    Very good, Thanks for sharing I don't really know how to use unix. but I'm learning....

    Protect Document

    BalasHapus